Monday, February 13, 2017

Pengalaman Partisipasi Dalam Earth Hour



Earth Hour kali ini memberikan pengalaman tersendiri buat saya. Kalau pada pelaksanaan Earth Hour tahun lalu saya hanya berhasil mematikan sebagian peralatan listrik di rumah saya dalam Earth Hour 2010 ini, alhamdulillah saya berhasil mematikan seluruh peralatan listrik bahkan termasuk hape jadul saya. Sayang, saya tidak berhasil mematikan obat nyamuk elektrik karena begitu peralatan listrik itu saya matikan, sepasukan nyamuk langsung menyerbu. Akhirnya saya menghidupkannya lagi.

Provokator Earth Hour. Selain berpartisipasi dengan mematikan sejumlah peralatan listrik termasuk lampu, saya juga berusaha untuk mempengaruhi orang-orang lain untuk ikut serta berpartisipasi dalam Earth Hour 2010 ini.

Media pertama yang saya manfaatkan adalah blog kesayangan saya ini, Alamendah’s Blog. Sejak 23 Maret silam saya memajang sebuah banner di sidebar sebelah atas. Kemudian giliran pada 24 Maret 2010 saya mempublish sebuah artikel berjudul “Earth Hour 2010, Matikan Listrik Satu Jam” dengan harapan akan banyak orang yang bisa terinspirasi dari artikel tersebut. Rupanya Google merestui, artikel tentang Earth Hour tersebut menduduki posisi spektakuler; urutan keempat dari 109 juta artikel.

Tidak hanya itu, sebagai bentuk partisipasi sejak siang hari ketka berkesempatan blog walking saya senantiasa menambahkan seruan untuk ikut berpartisipasi pelaksanaan Earth Hour;

Jangan lupa untuk ikut ambil bagian dalam  “Earth Hour” malam ini. Cukup mematikan lampu dan peralatan listrik (termasuk BERHENTI NGEBLOG) selama 1 jam mulai pukul 20.30. Mari; ubah dunia dalam satu jam

Kepada sobat-sobat yang ketiban komentar copy paste tersebut dimohon untuk ikhlas.

Belum puas, giliran status facebook saya di www.facebook.com/alamendah yang saya pasangi status serupa. Sayapun tidak segan-segan untuk menyisipkan ajakan untuk ikut berpartisipasi dalam setiap komentar atas status teman-teman saya. Untuk itu juga saya mohon kerelaan sobat-sobat.

Selain di dunia online, ajakan untuk berpartisipasi dalam Earth Hour juga saya sisipkan pada akhir setiap sms yang saya kirimkan hari ini.

Partisipasi Dalam Earth Hour 2010. Akhirnya ketika pukul menunjukkan waktu 20.30, kami sekeluarga mulai mematikan semua peralatan listrik yang saya punyai. Lampu, kipas angin, kulkas, magic jar, dan komputer. Tepat pukul 20.31, semua sukses dimatikan dan menyalakan sebatang lilin di ruang keluarga sambil bercerita tentang nostalgia masa kecil saya ketika desa saya ini belum terjamah listrik.

Cuman satu, ketika giliran obat nyamuk elektrik dimatikan, sepasukan nyamuk langsung menyerbu lengkap dengan suara khasnya. Saya yang kebetulan mengenakan sarung segera berlindung dengan menekuk kedua lutut saya. Ibu saya sibuk memutar-mutar kedua tangannya mirip pendekar saolin. Namun semua pertahanan itu jebol dan akhirnya obat nyamuk elektrik itupun musti dihidupkan lagi. Andai saja saya mananam Zodia.

Alhamdulillah bisa menjadi bagian dari 4000 kota di 125 negara dan 1274 ikon dunia yang ikut serta berpartisipasi dalam Earth Hour tahun 2010 ini. Dan memberikan sedikit kepedulian kepada bumi. Bagimana dengan pengalaman sobat saat berpartisipasi dalam Earth Hour 2010 ini, bisa berbagi? Di sini boleh atau silahkan kirim ke Earth Hour Indoneisia melalui email:  earthhourindonesia@gmail.com

No comments:

Post a Comment